Alur Aplikasi Penerimaan Siswa Baru Sekolah Online

  • Selasa, 05 Januari 2016 - 04:50:57 WIB
  • Dibaca: 6822 pembaca



Sebelum memulai membuat kode aplikasi PSB Online, Anda perlu memahami cara kerja atau alur PSB Online yang akan diterapkan. Dengan demikian, Anda akan memahami bagaimana aplikasi PSB Online nanti akan digunakan.

Berikut ini adalah alur Aplikasi PSB Online SMP Putih Biru:
  1. Peserta melakukan pendaftaran akun secara online. Setelah proses pendaftaran akun berhasil, peserta akan mendapatkan informasi akun berupa username dan password untuk login.
  2. Peserta login, kemudian melengkapi biodata dan nilai pada menu yang tersedia. Setelah melengkapi biodata dan nilai, peserta mencetak data tersebut.
  3. Data biodata dan nilai yang sudah dicetak selanjutya diserahkan kepada Panitia PSB SMP Putih Biru bersama berkas-berkas dan persyaratan lainnya untuk diverifikasi oleh petugas.
  4. Peserta yang sudah dinyatakan lulus verifikasi akan mendapatkan kartu nomor ujian yang resmi. Peserta yang tidak melakukan verifikasi hingga waktu yang ditentukan akan dinyatakan mengundurkan diri.
  5. Peserta mengikuti ujian seleksi masuk SMP Putih Biru pada waktu yang telah ditentukan. Peserta yang tidak mengikuti ujian seleksi, akan dinyatakan mengundurkan diri.
  6. Setelah mengikuti ujian seleksi, hasil seleksi bisa diakses pada waktu yang telah ditentukan, dengan cara memasukkan informasi yang diminta pada form yang ada di halaman Hasil Seleksi.
  7. Peserta yang lulus harus melakukan daftar ulang pada waktu yang telah ditentukan, dengan cara mendatangi Sekretariat Panitia PSB SMP Putih Biru. Peserta yang lulus namun tidak mendaftar ulang, akan dinyatakan mengundurkan diri.
Peta Situs Aplikasi PSB Online
Setelah Anda tahu bagaimana alur PSB Online, Anda juga perlu mengetahui sitemap atau peta situs aplikasi PSB yang akan kita buat. Peta situs ini berguna sebagai panduan dalam membuat modul-modul yang diperlukan berdasarkan privilege (hak akses) yang dimiliki oleh user.
Ada empat jenis hak akses yang dimiliki oleh user yang akan menggunakan aplikasi    PSB online ini, mereka adalah:

Publik.
Mereka adalah pengunjung umum yang tidak perlu login saat menggunakan aplikasi. Mereka adalah calon peserta yang hendak mendaftar sebagai peserta PSB di SMP Putih Biru. Lihat gambar berikut:



Dashboard
.
Mereka adalah peserta yang sudah login, yaitu peserta yang akan mengisi atau melengkapi biodata dan mencetak biodata. Lihat gambar berikut:



Operator
.
Mereka adalah operator / petugas yang melayani peserta PSB. User dengan level hak akses ini akan mengatur data PSB (mengubah status verifikasi, mengubah status kelulusan dan sebagainya), namun memiliki batasan dalam mengakses menu-menu administrator. Lihat gambar berikut:



Administrator
.
User dengan level administrator berhak melakukan administrasi terhadap data-data PSB sama seperti user dengan hak akses operator. Selain itu, administrator juga berhak melakukan administrasi akun user (menambahkan, mengedit, menghapus, memblokir akun operator). Administrator juga berhak mengatur data pengumuman. Lihat gambar berikut:



Pembagian hak akses kepada user akan memiliki konsekuensi pada desain kode yang akan kita buat. Bagaimana cara membagi user ke dalam empat kategori tersebut? Bagaimana cara menerapkan hak akses kepada empat jenis user tersebut?

Detail teknis tentang bagaimana cara membagi user ke dalam empat kategori dan cara penerapan hak aksesnya pada Codeigniter ini akan penulis jelaskan pada sub-bab 4.10 yang membahas tentang Controller.

(Sumber Buku: Kolaborasi Codeigniter dan Bootstrap, Membangun Aplikasi PSB Sekolah)

Cara Pemesanan Online

Kirim SMS/WA ke 0812 2843 5757 dengan Format :
Nama#Alamat Lengkap#Kode/Judul Produk
Contoh :
Aditya#Jl. Arwana No. 24, Minomartani, Kec. Depok, Sleman, Yogyakarta#LOKO-111, LOKO-115
Keterangan :
Apabila buku yang dipesan lebih dari satu, pisahkan kode/judul buku dengan tanda koma.

Kategori Buku

  • Penulis Buku